Merangkak Dari Modal Kecil



Deli Serdang| Kegiatan bengkel las pada umumnya melayani kebutuhan masyarakat langsung, seperti pagar, teralis, rolling door, dan lain-lain. Beberapa bengkel las menunjukkan potensi untuk berpartisipasi dalam bidang machinery (fabrikasi).

Mayoritas usaha bengkel las berskala mikro yakni memiliki tenaga kerja kurang dari 5 orang.
Banyak di antaranya digerakkan sebagai usaha keluarga. Hal ini merefleksikan kapasitas produksi yang relatif rendah dan hanya melayani konsumsi langsung masyarakat. Usaha inilah yang sekarang ditekuni Murdani.

Tiga tahun perjalanan sulit telah dilalui dalam menjalankan bisnis bengkel las yang ditekuninya sekarang. Dengan modal 5 juta, bengkel di Jalan Makmur Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sudah kebanjiran order.

Dani, pangilan akrab pemuda berambut keriting dengan tinggi semampai dan berkulit sawo matang.
Tinggal di Jalan Sederhana Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Ditemui Kabar Langit, pemuda yang menamatkan Sekolah Teknik Menegah (STM) Teladan tersebut, mengatakan awal berbagai bidang ditekuni dari pembuatan pintu besi, pagar jerjak besi dan kanopi.

“Sudah 6 tahun saya bekerja sebagai tukang las. Tapi lama lama terpikir bagusan buka sendiri bengkel las,” ujar bapak dua anak tersebut. Sebelumnya, kata Dani, awalnya buka bengkel las diajak kerja sama dengan Adi, temannya. Sayang, kerja sama ini tidak lama hanya berjalan 6 bulan. Ketidak cocokan tersebut memunculkan ide ingin buka bengkel las sendiri. “Aku hanya punya modal 5 juta,” tambahnya.
Modal tersebut, sambugnya, Dani membeli alat kerja seperti mesin bor, gerinda dan gunting potong besi. Sedangkan mesin genset disewa dari temannya.







Empat Orang

Sekarang Dani mempunyai empat orang pekerja.
Bermodalkan keyakinan, 1 tahun bengkel las yang dikelolahnya sudah kebanjiran order.
Tidak hanya dari dalam kota bahkan luar kota. Mulai dari pembuatan pintu, jerjak dan pagar besi.
“Order banjir bang dan bahkan ada yang kita tolak. Aku tidak mau keewakan konsumen bang,” ujarnya.




Tips Bengkel Las

Anda punya usaha yang bergerak dibidang jasa pengelasan serta desain aksesoris rumah, perkantoran, apartemen. Dengan adanya dukungan dari tenaga ahli dan berpengalaman di bidang pengelasan akan membantu anda untuk mewujudkan berbagai macam bentuk dari kreasi berbahan baku besi, didukung perangkat kerja yang memadai kami dapat menghasilkan karya-karya yang kuat dan berkualitas.







Posting Komentar

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN RAKYAT

Connect Us

item